A. PENGERTIAN SURAT-MENYURAT
Menurut kamus besar Bahasa Indonesia, Edisi kedua cetakan ketiga tahun 1994, kata "surat" mempunyai arti "kertas dan sebagian yang tertulis atau secarik kertas dan sebagainya sebagai tanda atau keterangan, atas suatu yang ditulis". Pengertian surat seperti ini merupakan pengertian secara umum. Sedangkan pengertian surat dalam Lingkup Administrasi ialah "suatu alat komunikasi untuk menyampaikan informasi atau warta secara tertulis dari suatu pihak kepada pihak yang lain".
Surat ini dapat digunakan untuk menyampaikan informasi yang sifatnya pribadi atau kepentingan kantor. Secara pribadi orang lain lebih banyak menggunakan surat sebagai alat komunikasi bila dibanding dengan menggunakan alat komunikasi lain, seperti: telepon, telegram, teleks, atau faksimile. Untuk kepentingan dinas, semuanya membutuhkan bukti hitam diatas putih atau tertulis sebagai arsip.
Pada masa sekarang ini banyak orang yang pekerjaannya menangani kegiatan surat-menyurat atau tulis-menulis. Seperti orang yang bekerja pada sebuah kantor atau yang bekerja sebagai kuli tinta atau wartawan. Kegiatan tersebut dilakukan secara erus menerus setiap mereka melakukan pekerjaan. Surat menyurat atau tulis menulis yang dilakukan secara terus menerus tersebut dikenal dengan istilah "KORESPONDENSI". Sedangkan orang yang melakukannya disebut "KORESPONDEN".
B. TUJUAN MENULIS SURAT
Sesuatu yang ingin dicapai seseorang atau kelompok orang dalam melakukan kegiatan disebut "TUJUAN". Sedangkan dalam melakukan kegiatan apapun pasti mempunyai suatu tujuan, baik untuk kepentingan pribadi atau kepentingan bersama. Begitu pula dalam melakukan kegiatan menulis surat, seorang penulis pun mempunyai tujuan. Adapun tujuan orang menulis surat, antara lain:
1. Menyampaikan informasi
2. Menyampaikan maksud dan tujuan sesuai dengan isi hati penulis
3. Mempercepat cara berkomunikasi
4. Menghemat baik waktu, biaya, maupun tenaga
C. KELEBIHAN SURAT DIBANDINGKAN ALAT KOMUNIKASI YANG LAIN
1. Surat merupakan sarana yang dapat merekam informasi secara panjang lebar, terperinci, dan terurai secara gamblang.
2. Surat bersifat praktis, karena dapat menyimpan rahasia, dibandingkan dengan telepon mungkin dapat disadap orang lain.
3. Setiap menyampaikan berita, kata-kata dan kalimatnya diperkirakan dengan seksama untuk menghilangkan perasaan yang tidak enak.
4. Efektif, karena informasi itu asli sesuai dari sumbernya.
5. Ekonomis, karena biaya pembuatan dan pengirimannya relatif murah.
6. Surat lebih memasyarakat, siapa saja dapat melakukan dan melaksanakannya.
7. Alat-alat perlengkapan surat mudah di dapat.
D. KELEMAHAN-KELEMAHAN DALAM MEMBUAT SURAT
1. Susunan surat yang ruwet/rumit.
2. Susunan kalimat tidak lengkap dan berbelit-belit.
3. Penggunaan tanda baca yang salah.
4. Ejaan banyak yang salah, karena tidak sesuai EYD.
5. Kurang sopan atau ceroboh dalam mengungkapkan gagasan.
6. Ketikan salah atau banyak yang kotor.
7. Alamat tidak tepat.
SEKIAN DAN TERIMA KASIH
SEMOGA BERMANFAAT BAGI PELAJAR DAN UMUM
JIKA ADA KESALAHAN MOHON DIMAAFKAN..... :)
HAL YANG INDAH ADALAH SAAT KITA SALING BERBAGI ILMU....
Tidak ada komentar:
Posting Komentar